Supaya Memiliki Bumbu Dasar Yang Halus Dan Awet Ini Cara Mengolah Dan Menyimpannya Secara Tepat

Supaya Memiliki Bumbu Dasar Yang Halus Dan Awet Ini Cara Mengolah Dan Menyimpannya Secara Tepat

Berita Terbaru – Makanan ciri khas Indonesia umumnya memakai bumbu serta rempah yang ciri khas. Pada umumnya ada empat tipe bumbu fundamen untuk makanan ciri khas Indonesia, yaitu bumbu fundamen merah, kuning, putih, serta hitam.

Supaya Memiliki Bumbu Dasar Yang Halus Dan Awet Ini Cara Mengolah Dan Menyimpannya Secara Tepat

Di pasar tradisionil, terutamanya, kamu dapat temukan banyak penjual bumbu fundamen yang siap gunakan. Kamu tinggal menghangatkan serta mencampurkannya pada masakan di dalam rumah. Tetapi sebetulnya, memakai bumbu semacam itu kurang fresh untuk masakan serta dapat membuat rasa kurang enak.

Menurut Executive Chef Situasi Restoran Chef Hendra Kurniawan, lebih baik membuat bumbu fundamen sendiri di dalam rumah. Dengan demikian, kebersihan terbangun, rasa lebih enak, serta dapat diawetkan untuk pemakaian setelah itu. Berikut panduan memproses serta simpan bumbu fundamen halus supaya awet.

Yang pertama adalah Goreng lebih dulu Bumbu serta rempah yang akan dihaluskan seharusnya kamu goreng terlebih dulu. Goreng dengan sedikit minyak lalu biarlah sampai harum. “Digoreng sesaat saja. Contoh, jahe bawang putih, bawang merah, goreng dahulu. Itu fungsinya agar rasa lebih enak jika menurut saya. Ada rasa yang beda,” tutur Chef Hendra saat diwawancarai wartawan, Jumat (10/1/2020).

Yang kedua adalah Haluskan dengan jus Sesudah digoreng, bumbu serta rempah itu selanjutnya dimasukkan ke jus, lalu dihaluskan. Imbuhkan sedikit air untuk pastikan bumbu tercampur sampai halus.

Yang ketiga adalah Tumis dengan minyak panas Sesudah bumbu halus, waktunya tumis dengan minyak panas. Tetapi, jangan langsung masukkan bumbu yang masih memiliki kandungan lumayan banyak air ke minyak panas. Masukan bumbu ke penggorengan yang telah dipanaskan tanpa ada minyak lalu biarlah air sampai menguap. “Yakinkan airnya menguap. Jika telah, baru masukan minyak. Lebih baik jika panasi minyak di penggorengan tidak sama jadi dapat panas bertepatan bumbu serta minyak. Lalu tumis sampai masak,” tuturnya.

Yang keempat adalah Taruh dalam freezer Paling akhir, untuk mengawetkan bumbu halus yang telah masak itu dapat kamu masukan ke almari pembeku atau freezer. Tetapi ada satu hal yang perlu kamu lihat, yakni pastikan bumbu telah betul-betul dingin serta tidak memiliki kandungan uap panas.

“Contohnya buat pagi hari, dibiarkan saja dahulu di suhu ruang sampai malam hari baru dimasukkan ke freezer,” kata Chef Hendra. “Jika telah dingin, baru dikemas dapat di plastik atau wadah serta disimpan di freezer. Itu dapat awet seputar satu sampai dua minggu. Jika ingin gunakan tinggal dipanaskan saja,” sambungnya.

Back to Top