Proses RUU Perlindungan Data Pribadi Sudah Di Serahkan Ke DPR

Proses RUU Perlindungan Data Pribadi Sudah Di Serahkan Ke DPR

Berita Terbaru – Menkominfo Johnny G Plate mengatakan jika Perancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan selekasnya diberikan ke DPR paling telat Desember 2019 untuk selekasnya bisa diulas pada 2020. Menurut Menkominfo, RUU PDP penting agar bisa selekasnya disahkan sebab terkait dengan hak individu serta kedaulatan negara.

Proses RUU Perlindungan Data Pribadi Sudah Di Serahkan Ke DPR

“Ditambah lagi UU ini sudah lama disiapkan serta pasal-pasal penting sudah banyak memperoleh bahasan serta koreksi, dan harmonisasi dari 18 kementerian serta instansi yang lain serta sudah sama-sama dipahami. Naskah hampir siap untuk diserahkan lewat mandat Presiden ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),” jelas Menteri Johnny di antara Internet Governance Komunitas (IGF) 25-29 November lalu di Berlin.

Pengaturan RUU PDP memakai referensi global terhitung di dalamnya konvensi general data protection and regulation (GDPR) Uni Eropa. Dalam konvensi itu, perlindungan data bukan sekedar hanya perlindungan individu tetapi kedaulatan data satu negara.

Diluar itu, jadi hasil kunjungan kerja ke Prancis sesudah usai hadiri IGF di Berlin, menteri Johnny mengemukakan berita jika pemerintah Prancis sudah tawarkan kerja sama pembiayaan untuk penambahan penyiaran digital TVRI dalam pola pembiayaan pemerintah dengan pemerintah (Government to Government).

Penawaran dari pemerintah Prancis itu akan diserahkan Kementerian Keuangan Prancis pada Kementerian Keuangan RI serta Bappenas diantaranya berbentuk agunan pembiayaan dari European Kredit Agency. Ini dikatakan Menteri Komunikasi serta Informatika, Johny G Plate, dalam kunjungannya ke jaringan tv Prancis yakni France TV serta France Media Monde pada 29 November 2019.

“Semoga proposal ini nanti akan berguna buat kita dengan perekonomian,” berharap Menkominfo. Program ini sesuai gagasan pemerintah yang sudah lama mempersiapkan skema perpindahan transmisi tv analog ke arah ke digital.

Beberapa stasiun TV nasional telah lama berubah ke TV digital, tetapi beberapa transmisi di wilayah masih memakai skema analog hingga warga di wilayah itu belum dapat nikmati aliran TV digital. Yang akan datang pemerintah akan mengevaluasi lagi peraturan penyiaran yang terkait dengan penyiaran TV digital. Skema serta proses peralihan TV analog ke digital akan memakai standard Internasional.

Back to Top