4 Species Hewan Yang Pernah Ada Namun Sudah Tidak Bisa Kita Lihat Lagi Sekarang

4 Species Hewan Yang Pernah Ada Namun Sudah Tidak Bisa Kita Lihat Lagi Sekarang

Berita Terbaru – Kepunahan spesies ada pada tingkat mencemaskan. Menurut World Wide Fund for Nature (WWF), tiap tahun ada kurang lebih 10.000 spesies hilang selamanya di muka bumi. WWF mengatakan susah untuk tahu berapakah banyaknya secara pasti sebab kita tidak tahu berapakah sebetulnya jumlah spesies yang berada di muka bumi. Berikut daftar beberapa hewan yang pernah hidup dari muka bumi dan tidak akan kita lihat .

4 Species Hewan Yang Pernah Ada Namun Sudah Tidak Bisa Kita Lihat Lagi Sekarang

Yang pertama adalah Lumba-lumba Sungai Yangtze (China)

Spesies ini dipublikasikan punah pada 2006. Lumba-lumba Baiji Sungai Yangtze (Lipotes vexillifer) adalah mamalia air berwarna pucat serta tidak seanggun lumba-lumba laut. Tetapi, lumba-lumba ini punyai potensi ekolokasi (keluarkan bunyi serta mengindra pantulan bunyi itu dari benda di sekelilingnya) lebih hebat. Demikian istimewanya hingga lumba-lumba ini dapat mencari tempat ikan khusus dengan potensi itu. Sensitivitas ini jadi kerugian saat sungai dipenuhi dengan perahu nelayan, kapal container, kapal pukat, serta polusi yang dibuat manusia. Dengan kepadatan jalan raya sungai semacam itu, lumba-lumba type ini tidak dapat bertahan.

Yang kedua adalah Kerang Pigtoe Alabama (Amerika Serikat)

Kerang ini hidup di Sungai Mobile di Alabama, AS, sampai seputar tahun 2006. Diberi nama pigtoe (jempol babi) sebab memiliki bentuk seperti kaki babi. Spesies ini hidup dengan menyaring sungai yang kotor, tapi sebab tingkat polusi yang demikian tinggi, kerang pigtoe tidak dapat bertahan. Punahnya hewan simpel ini mengutarakan fakta pahit mengenai bahaya pencemaran air karena bahan kimia dari pabrik yang membahayakan manusia yang tinggal di sekelilingnya.

Yang ketiga adalah Elang ekor putih (Inggris Raya)

Elang ekor putih (Elanus leucurus) ini tidak terlihat di Inggris Raya semenjak permulaan era ke-20. Burung indah dengan tenggang sayap lebih dari dua mtr. ini dicari dengan kejam di Inggris sepanjang sekian tahun. Malah pemburuan pada mereka dianjurkan. Saat pemburuan dilarang, telah telat. Mereka telah ada di jalan kepunahan. Untungnya, hewan ini hidup di lain tempat di Eropa serta sedang diusahakan untuk dibiakkan di Inggris. Tetapi, memang tidak semua spesies mendapatkan peluang ke-2 semacam ini.

Yang keempat adalah Rusa besar Irlandia (Irlandia)

Banyak hewan yang telah punah seperti dengan spesies yang kita mengenal saat ini, tetapi lebih aneh. Contohnya mamut yang seperti gajah, serta yang berlainan ialah bulu yang lebat. Rusa besar Irlandia (Megaloceros giganteus) kelihatan benar-benar seperti dengan rusa yang masih hidup saat ini. Perbedaannya, tinggi rusa dapat sampai dua mtr. dengan sundul melintang sampai 3,65 mtr.. Hewan type ini punah 7.700 tahun kemarin, disangka karena kombinasi di antara pemburuan serta pergantian iklim.

Back to Top